Jumat, 30 Desember 2011

Review : Merah Putih di Benua Biru , Siapa pun Bisa!


Hoaaaaaammmmm.. *ngulet*



Haaaiii..Gile..udah lama banget sejak postingan gue terakhir gue nulis di blog ini..Pas mau buka aja hampir lupa passwordnya..Haha..cacat..

Oke...cukup lama gue vakum buat nulis, dan sepertinya temen-temen gue melakukan hal yang sama. Personally, gue emang sibuk banget di tempat kerja bulan desember ini..Jangankan buat ngebelog,..Buka internet dikantor aja kadang susah walaupun buat dengan nyolong-nyolong..Maklum..Pemerataan fasilitas internet di Indonesia belum merata sih, jadinya gak bisa internetan dirumah (bilang aja bokek!).



Well, sekarang gue cuma pengen share, nge-review lagi lebih tepatnya. Ya, gue mau ngereview sebuah buku disini. Sebenernya sih minggu lalu gue pengen nge-review sebuah film yang gue tonton minggu lalu. Judulnya Lemonade Mouth. Tapi, ya kapan-kapanm aja deh ya..Lagi pengen bahas buku...+



Oke, ini berawal dari liburan akhir tahun gue yg agak panjang gak kaya temen-temen gue yang lain kaya si Anonim 4 dan 5 yang akhir tahun aja masih kerja. Hahaha..ya, gue emang libur dari tanggal 24 Desember 2011 - 2 Januari 2012. What a f*ckin' Long Holiday (buat orang kerja). 



Oke! Lupakan kepameran gue tentang jatah libur gue yg panjang!

Gue ada niatan nyari Buku. Ya, nyari buku.. Udah lama juga gak ke toko buku buat beli buku (yaiyalah masa iya gue beli cabe). Niatnya cuma mau beli Buku Manusia Setengah Salmon - Raditya Dika, eh sampe disana inget ada buku yg mau gue beli juga Merah Putih di Benua Biru - Erditya Arfah, yes dapet! Gue ambil tuh 2 buku. Tapi, pas gue mau ke Kasir, gue inget satu buku lagi yg pengen gue beli dari SMA, 5 cm - Donny Dhirgantoro. Nah! Jadilah gue beli ketiga buku itu.



Buku pertama yg gue pilih buat baca duluan itu bukunya Erditya Arfah yang judulnya itu tadi "Merah Putih di Benua Biru".




Buku ini tuh nyeritain seorang Putra Bekasi bernama Erditya Arfah yang punya mimpi bisa ngelilingin Eropa. And you know what? He did it!!

Ya, seorang pemuda biasa aja (menurut dia, gak biasa menurut gue)  seorang lulusan lulusan dari Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi yang punya cita-cita untuk pergi ke Eropa dan berusaha mewujudkannya dengan cara ikutan Program Pertukaran Pemuda (AIESEC Global Exchange) dalam Misi Budaya ke Polandia.

Tadinya mungkin cuma mimpi bisa nginjekin kaki ke benua biru itu, ya Eropa. Tapi jalan pun terbuka buat dia dengan mengikuti program itu selama 3 bulan. Dia lolos dan akhirnya bisa ikut program itu. Tapi gak hanya itu, disitu dia juga harus berusaha cari donatur buat membiayai segala kebutuhan dia di Polandia nanti, akomodasi mungkin free ya, tapi tetep kebutuhan hidup pribadi ditanggung sendiri. Segala cara dia tempuh buat dapetin Dana Sponsor, Mulai dari Nyodorin proposal-proposal ke berbagai perusahaan swasta yang kira-kira cocok, sampe harus membuka sumbangan dana sukarela dari temen-temen kantornya, bahkan sampe nyodorin proposal ke pemerintah kota Bekasi. W.O.W! 

Selain sumbangan dana, Erdit-yang biasa disapa begitu-juga harus nyiapinn berbagai presentasi, alat, dan sarana buat melakukan misi budaya nya disana. Mulai dari nemuin dosen nyentrik IKJ yang juga pendiri www.hiduplahindonesiaraya.com (Republik Insula), pergi Ke Saung Kang Udjo buat belajar Angklung dan Minta di Sponsorin, sampe harus minta beliin souvenir ke temennya dari jogja buat nanti dibagiin ke anak-anak polandia sana.

Ya, keren!

Dia berhasil nyampe di Polandia.

Banyak kejadian seru yang dia alamin disana.

Mulai dari anehnya ngedenger dan make bahasa Polandia yg kaya serangga, pengalaman pertama kali naik 'Pocong' di sana, ketemu temen-temen dari negara asing lain yang sangat istimewa, sampe gimana pengalaman dia dengan spektakulernya menularkan virus budaya Indonesia ke sekolah-sekolah dan anak muda di sana.

Setiap lembar gue baca buku dia ini rasanya sangat atraktif, menghibur, segar, lucu, berasa udah kenal si Erdit penulisnya itu. Soalnya dari bahasanya yang lepas dan, yah bisa dibilang anak muda banget lah. Hahah...Bahkan gue sering dibuat dia merinding bangga saat dia cerita gimana kagumnya anak-anak polandia sama alat musik yang namanya Anklung, gimana mereka disana sangat antusias sama yg namanya Wayang Kulit dan Golek, si Cepot. Sering juga bikin ketawa dengan cerita dimana anak muda sana kaget dan shock bahkan berpikiran absurd tentang budaya kita. Sempet ngakak abis pas baca bagian dimana dia ngajarin temen-temen pertukaran negara lainnya (dari Italy, Brazil, Turki, Georgia, China) buat makan nasi pake TANGAN, yang mana nimbulin reaksi aneh-aneh dari temen-temennya. Gimana ngakak dengan tololnya gue saat baca bagian dimana ada miss-komunikasi antara salah satu teman pertukaran yg berasal dari China yang salah nyebut kata Palace jadi Penis.

Gue juga dibuat terharu saat bagian dimana dia dapat membius satu sekolah buat cinta sama Angklung (padhal dalam keadaan sakit), nyanyiin Ampar-Ampar Pisang, bahkan sampe ngebuat anak muda sana ada yg pengen ke Indonesia. Ya, walau tadinya mereka sempet ragu "Are you still eat Human??" Mereka pikir kita masih kanibal loh! Parah!!

Buku nya bener-bener bikin gue terhanyut buat ketawa, sedih, bangga dengan semua ceritanya dia, khusus nya tentang Indonesia. Di buku ini seolah Erdit ngajak kita buat makin mencintai budaya kita sendiri. Ya, Budaya Indonesia adalah kekayaan Indonesia itu sendiri. Malu dong, negara lain aja sampe kagum sama yang namanya wayang, angklung dan kepulauan-kepulauan serta alam kita, masa kita nggak? Nggak malu?? Masa iya orang negara lain aja suka banget sama masakan Indonesia, tapi kita aja bahkan gak tau cara masaknya?

Buku ini bener-bener buka mata kita tentang bagaimana seharusnya kita bangga dengan menjadi Anak Muda Indonesia. Selain itu juga bakal ngebuka mata kita , Untuk menjadi duta bangsa, gak perlu jadi seorang maestro seni, juara fisika, atau orang-orang hebat lainnya. Dengan mimpi, tekat, serta kerja keras, dan usaha, jalan akan terbuka dengan sendirinya, dan itu bisa kita capai. Gak cuma jadi Duta Bangsa aja..Segala hal yg bersifat universal bisa kita capai dengan itu tadi OPTIMIS.

Intinya bukan pergi gratis ke Eropa itu loh ya ....Setiap orang gak harus punya tujuan sama kaya dia buat pergi ke Eropa gratis..Sukur-sukur gratis, kalo gak ya usaha. Setiap orang punya jalan dan caranya sendiri lah buat ngegapai apa yg dia punya, gue contohnya pengen banget ke Jepang dengan alasan apapun. Tapi 'belum' kesampean..haha..Harus lebih keras berarti usahanya. Intinya kerja keras!! SIAPA PUN BISA!


"Setiap orang punya ceritanya sendiri. Dan tiap orang bertanggung-jawab sendiri atas cerita yang dia inginkan. Tentu tanpa harus menjadi takabur dan melupakan Tuhan - Erditya Arfah 
Ini ada beberapa komentar dan masukan buat penulisnya :

*Ada beberapa kata yg penulisannya masih kepotong-potong, atau penulisan kata-kata nya sampai dua kali. Entah itu kesalahan editor, atau penulisnya, tapi gak terlalu bermasalah sih.

*Untuk pendeskripsian apapun yg ada di bukunya menurut gue udah bagus buat penulis "baru" , seolah yg baca bisa dibawa ke eropa sana.

Mungkin itu aja sih ya, overall ini buku keren lah buat gue. Cukup menyegarkan dan membuka wawasan serta hati kita, para pembaca :)

Yang minat korespondensi sama penulisnya bisa mampir-mampir ke blognya http://erditya.com , mention twitternya mungkin @erdityaarfah .. Orangnya baik sebagai penulis muda,,Gak sombong lah kalo lo cuma mau say hi.. wkwkwkkw! 

Oh ya , gue juga lagi baca Bukunya Mas Donny Dhirgantara nih.. "5 CM" seru loh..nanti gue review dah kalo udah kelar..hehehe!

Okeh..Sekian dulu lah..

Salam Autiz!!


Anonim 1

1 komentar:

  1. wah buku yg menarik, kapan yah kita bisa ke benua eropa juga?
    pasti seru tuh...

    oh iya boleh minta komentarnya dsini gak?
    http://herzablog.blogspot.com/2011/11/seandainya-saya-menjadi-anggota-dpd-ri.html
    makasih yah sblm nya :)

    BalasHapus