Jumat, 04 November 2011

9 Summers 10 Autumns (Start action! Break the Boundaries!)

"BAH!!" 

Kata pertama gue saat ngeliat Page Pinalty di Blog ini -_-"

Udeh banyak banget!! gara-gara jarang nulis jadi kena denda banyak dah .. Bzzzz...

Oke, sore ini gue cuma mau sedikit berbagi, sebenernya nge-review sebuah buku, ya nge-review menurut pandangan gue pribadi,..

Buku apaan si Nim?

Buku yang bakal gue ceritain ini adalah "9 Summers 10Autumns" - Iwan Setyawan. 



Sebenernya gue dah tau buku ini udah lama, isinya tentang seorang yang berasal dari keluarga penuh keterbatasan finansial kalau boleh dibilang, dengan Bapaknya seorang supir angkot yang berpenghasilan minim, yang akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan yang LEBIH DARI BAIK di New York City berkat kerja kerasnya belajar dan memperjuangkan pendidikan. Ya, pendidikan , satu-satunya hal yang harus diperjuangkan untuk hidup lebih baik.

Waktu itu gue tau buku ini setelah baca Thread nya Om Billy Boen di Kaskus tentang Pentingnya Pendidikan dalam Mencapai Kesuksesan , isi Thread nya kurang lebih tentang itu. Di situ di rekomendasiin sama Om Billy buat baca buku 9S10A itu. "Mata kita pasti akan tebuka setelah membaca buku ini, bahwa pendidikan itu sangat penting".

Nah..Beberapa hari lalu gue minjem buku ini dari si Anonim 5 yang menurut kabar burung adalah buku pemberian, yang dikirimkan melalui Tiki JNE oleh seorang Gadis..Hahahaha! Manstab! I know who's the girl dude..sssssstttt.. 
Enak bener ya dibeliin buku sama seorang cewek..Menurut gue itu sexy lohh.. Eh...Romantis.. #Galau *PLAKK!!*

Lanjut..


Nah, gue mulai baca buku itu, sedikit demi sedikit.. Gue resapin cerita sang penulis disitu. Pertama gue baca, gue kira penulisnya ini seorang penculik anak kecil -_-" karena disitu dia gak mau ngelepasi "seorang" anak kecil dari sisinya. Gak boleh pergi. Makin lama, gue baca, tetep gue masih mikir penulisnya adalah penculik,, Hahahaha!!

But, when i'm getting deeper to the story, gue berasa lagi membaca kisah hidup gue sendiri. Kisahnya hebat, penuh perjuangan dalam mendapatkan mimpinya. Mimpi untuk mendapatkan hidup yang lebih baik melalui pendidikan. It's proofed! Dengan pendidikannya, dia bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus, baik, untuk dirinya dan untuk keluarganya. Hingga suatu hari dia mendapatkan kesempatan kerja di salah satu perusahaan Research terkemuka di NYC , USA. You know what guys?? That was so incredible in my eyes! New York, the crowd, the snow, the fashion, and all thing about this "never sleep" city makes my eyes opene wide!

Membuat gue sadar dalam satu hal, dan sering juga diucapkan sama penulisnya , Mas Iwan..


"Bukan seberapa besar mimpi yang kita punya, tapi bagaimana kita mengeksekusinya"
Jleb!

Disitu gue merasa kecil, kecil, gak berdaya. Selama ini gue cuma bisa bermimpi yang tinggi, tak jarang gue mengeluh sama apa yang gue jalanin. Gue jadi inget kegagalan gue dalam setiap mencoba masuk perguruan tinggi, ujung-ujungnya gagal dan menghabiskan duit orang tua. Gue sadar , ternyata gue "kurang handal" dalam mengeksekusi mimpi gue waktu itu.

Gue pun sering "Mendeklarasikan" kalo gue harus bisa ke Jepang! Sekolah disana, kerja di sana dan bla,bla,bla...

What i've got?? 


Nothing...

Lagi-lagi gue hanya bisa bermimpi, gak pernah fokus sama mimpi gue dan gagal mengkesekusi nya. Saat ini gue terdampar disebuah perusahaan manufaktur. Posisi lumayan bagus, ilmu yang dapat diambil juga banyak. Sekarang tinggal gimana action gue. Gue harus bisa lebih maju lagi. Gue  merasa akan susah mendapatkan pendidikan lebih tinggi lagi, tapi seperti kisah mas Iwan dibuku itu, apapun bisa terjadi, kerja keras, kerja keras. 

Buku itu bener-bener menggugah semangat gue lagi yang akhir-akhir ini lagi drop buat maju melangkah kedepan. Buku ini berbeda sama buku Laskar Pelangi - Andrea Hirata. Dari gaya bahasanya yang simple, up to date, penyajian cerita yang lugas dan terbuka, deskripsi nya yang menurut gue cukup bagus untuk seorang yang baru pertama kali menulis buku. :) And the ending was so great!.  Disitu bakal lo sadari pentingnya arti sebuah keluarga, saudara , dan IBU.. 

Dalam proses membaca buku itu, gue sempet-sempetin say hi ke penulis buku tersebut, Mas Iwan @iwan9S10A . You know what dudes? He was so kind, humble and nice guy :) sempet juga ngobrol beberapa hal. dan ada satu Quote dia yang gue suka :

"Bekerja dan Belajar,. Might be more challenging but hey, happyness feels sweeter lewat perjuangan"

Saatntnya break the boundaries, start action right now if you dont wanna be left behind. Gue pengen menjelajah ketempat-tempat baru, bekerja dengan orang-orang baru, bertemu mereka yang berwawasan lebih luas dari gue, belajar lebih banyak hal. Gak hanya Jepang, gue pun mau menjamah tempat-tempat lain yang lebih hebat. Gak ada kata terlambat, gak ada emang. Tapi harus cepet bertindak sebelum semua terlalu lama dan gue tertinggal lebih jauh. Gue akan ngejalanin kerjaan gue dengan senang hati. Karena gue tau kesenangan dalam mengerjakan suatu hal yang akan memberikan kemudahan pada apa yang kita tuju.. 

Setelah baca buku itu..Jadi pengen beli..Hahah..Yang minjem biarlah minjem, tapi buat koleksi kan boleh,..Itung - itung nambahin isi kantong penulisnya,..Hahah..


Oke cukup sekian, nice recomended book deh! Baca ya guys!!


Salam Autiz!!

Anonim 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar