Minggu, 02 Oktober 2011

Pancasila

1 oktober katanya sering diperingati sebagai hari kesaktian pancasila.. sebenarnya sih hari kesaktian pancasila sendiri bukan sebagai hari lahirnya Pancasila.. sedikit flashback, pancasila itu lahir tanggal 1 juni 1945 yang waktu itu perumusannya butuh waktu yang cukup lamadari tanggal 29 Mei 1945 sampe 1 Juni 1945.. perumusan pancasila ini dilakukan dalam suatu badan boii yang namanya BPUPKI yang melakukan sidang perumusan dari tanggal sekian itu.. nah awalnya Pak Muhammad Yamin mengajukan usul mengenai dasar negara secara lisan yang terdiri atas lima hal, yaitu:
1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Rakyat
tau ga boii nama Pancasila sendiri siapa yang nyiptain? jawabannya adalah Bung Karno.. keren kan! waktu itu tanggal 1 Juni 1945 dalam pidatonya pas hari terakhir sidang BPUPKI beliau pidato yang isinya kurang lebih kaya gini


"Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi"

dari pidato itu lahir lah nama Pancasila yang tanggalnya itu diperingati sebagai hari lahirnya pancasila, dasar dari negara kita.. tapi kan sekarang bukan lagi ada peringatan hari lahir  Pancasila? sekarang kan tanggal 2 oktober nah kemaren itu hari kesaktian pancasila.. tau ga boii kenapa dinamain hari kesaktian Pancasila pas tanggal 1 oktober? ini sebenarnya inti dari postingan gw..

kenapa tanggal 1 oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila?
tau tentang G30S/PKI? gerakan yang didalangi sama Muso dan Aidit ini sebenarnya mau mengubah dasar negara kita tercinta menjadi KOMUNIS! rencana Muso sama Aidit ini untuk menjadikan dasar negara menjadi komunis adalah dengan cara menculik dan membunuh jenderal2 besar yang ada di Indonesia. hari itu, 6 Jendral (ga termasuk A.H. Nasution karena berhasil melarikan diri boii) dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta para komunis2. tapi, rakyat Indonesia yang sadar betul akan udah cocoknya pancasila sebagai dasar negara Indonesia maka upaya PKI bisa dibilang gagal! salute for Indonesia's people!. nah dari sini tanggal 30 september diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S/PKI) dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang katanya sih memperingati bahwa dasar negara Indonesia adalah Pancasila, Pancasila yang sakti ga tergantikan..

Begitu kira2 ceritanya kenapa 1 oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila..
sekian postingan dari gw,, semoga kita masih memiliki semangat nasionalis yang besar! MERDEKA!

By: Anonim 6 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar