Jumat, 16 September 2011

Tormented On Friday

Hari ini biasa aja buat gue.Lu tau artinya apa???Yuup,.Ga ada artinya.Maksud gue hari ini ya emang biasa aja.Gue sendiri baru bangun jam 12 pagi,(-okey,itu udah bukan pagi lagi,itu siang).Itu juga karena ada yang adzan di masjid.Haaa??adzan???Gue mikir dan gue baru 'ngeh hari ini hari Jum'at??Dan lu tau itu artinya??Ga ada artinya kan??BUKAANN!!Tapi Sholat Jum'at!!Gue panik,gue mandi sekenanya,iya,se-kena-nya,yang penting kena air dan basah.Gue lansung berangkat secepatnya,(-so pasti udah rapi,pake sarung,kaos oblong,wangi,meskipun lalet Ijo masii aja ada di kepala gue).Dan gara-gara itu,gue baru sadar pas di Masjid gue tadi bawa sendal si Dwi.Ahh,.bodo amat deh.Semoga dia amnesia 5 menit dan lupa kalo punya sendal kayak gitu.



Perkara sholat Jum'at menjadi sakral buat gue.Kenapa??ya ini bermula karna 'babeh' gue pernah bilang dengan lantang pas gue kelas 3 SD dan gue ga akan pernah lupa petuah itu,mungkin seumur hidup gue.

''Kalo Orang Engga Sholat Jum'at Sebanyak 3 kali Berturut-turut,Itu Namanya Bukan Orang Islam''.
Makanya sejak saat itu gue selalu menganggap sholat Jum'at itu sakral,entah waktu itu beliau mengangkat petuah dari mana,tapi hal itu lah yang 'menginspirasi' gue sampe saat ini.

Eniwey,ngomongin tentang Sholat Jum'at,gue jadi inget Sholat Jum'at pertama gue sebagai anak kost di Karawang.Waktu itu gue berangkat ke Masjid jam setengah 12 siang bareng temen gue si Garut.Ternyata sampe sana,.God,Masjidnya masii kosong!!Cuma ada segelintir orang.Gue sempet ragu hari ini hari Jum'at.Apa gue salah hari??Ga mungkin!?

''Ini hari Jum'at kan ya??'' celetuk gue.

''Iyalah,..Soalnya kemaren kan kamis''(-nenek-nenek sekarat masuk jurang juga tau).

''tapi ko sepi banget y??''

''ga tau nih,masa udah selesai si sholatnya?!''

Gue bingung,tapi akhirnya kita masuk.Dan nunggu Sidang Ishbat.Apakah sholat Jum'at akan tetap di laksanakan hari ini atau esok hari??Dan akhirnya orang-orang mulai berdatangan,mungkin pak Mentri sudah memutuskan bahwa hari ini memang hari Jum'at,ternyata di sini mereka baru pada ngumpul ke masjid pas hampir jam 12 pas,.mmm,..baguuuusss.

Semuanya berjalan wajar.Orang-orang yang datang ke masjid pun wajar.si merbot masjid juga wajar,meski gue ga pernah tau yang mana merbotnya.Gue mulai diam,mencoba khusyu.Sampe pas khotib ber khutbah di depan mimbar,.dan petaka itu pun terjadi,.jeng,.jeng,..jenngggg,...taaaarrraaaaaaa..

''Blup..bluup..bluup..blupp...sadayana,..bluuup,..bluupp,..bluuupp..sadayana,..''.

Si khotib khutbah pake bahasa arab dan sunda!!!gue panik,gue noleh ke si Garut dia nyantai aja,secara dia orang sunda.Gue noleh ke bawah mimbar,nyari-nyari subtitle,ternyata engga tersedia.

Gue langsung galau.Tapi gue tetep diem,gue teringat petuah babeh gue lagi waktu gue kecil

''Kalo lagi sholat Jum'at ga boleh ngomong yah,awas lu''.

''Iya beh'' jawab gue.

Gue menganggap babeh gue keren banget waktu itu bisa tau peraturan sholat Jum'at,tapi kayanya ada yang janggal,.kenapa dia waktu itu ngomong ke gue pas lagi ada khutbah??mmm,.gue pun galau lagi.

Dan gue masii diem,si Garut juga diem,dan khotib masi...

''blup,.blup,,.blup..sadayana,.blup,.blup,.blup..sadayana''.
Gue ga bisa khusu lagi.Tapa gue tetep diem.Gue langsung Galau,tapi gue tetep diem,diem seperti gue mencintai matahari (*Plaaaakk,..beda bahasan bodoohh).

Gue cuma mikir,apakah sholat Jum'at gue di terima karena gue ga ngerti khutbah yang di samapikan khotib.Gue sedih,gue bingung,dan gue Galau.Dan saat itu gue bertekad,suatu hari nanti,.''GUE HARUS BISA BAHASA SUNDA!!'',tapi setelah 2 tahun,akhirnya gue bisa,..ya bisa bahasa jawa,bukan sunda.Gue langsung galau lagi.

Lalu dalam kegalauan gue si garut nyeletuk di samping gue sambil nyengir kuda

''kenapa lu??ga ngerti lu y??''

Gue tetep diem kisanak,gue masii memegang teguh pituah babeh gue.Apapun yang terjadi gue ga boleh ngomong pas lagi khutbah.Padahal gue enek mampus ngeliat muka si Garut.

Akhirnya sholat Jum'at selesai.Dan resmi lah sudah,Gue ga bisa khusyu dari awal sampe sampe akhir.Sumpaaahhh,..mungkin inilah Sholat Jum'at ter'galau' yang pernah gue alamin.Dan ternyata dugaan gue salah,itu hanyalah permulaan,karena di masjid itu emang khutbahnya kalo ga pake bahasa Arab,yaa,pake bahasa Sunda!!Whaatttt???Resmilah sudah gue galau setiap Jum'at!!

Eniwey,.Gue rasa ga ada alasan apapun buat gue ninggalin sholat Jum'at.Seperti yang babeh gue bilang 10 tahun lalu.Dan itu kewajiban gue sebagai seorang muslim.Apalagi cuma gara-gara ga ngerti khutbah,toh,.-maaf sebelumnya-,.ketika kita mengerti bahasanya,.kebanyakan dari kita malah asik ngobrol sendiri,dan berbicara dengan handphonenya!!Padahal jelas-jelas kita duduk di Masjid,mau Sholat,.dan lu tau kan semua Sholat itu untuk apa??iyaaa,..Sholat itu waktunya untuk 'ngobrol' dengan ALLAH.bukan dengan yang lain.Apalgi dengan handphone!!

Okey,..kayanya gue udeh harus dinas malem hari ini,.Semoga ada pencerahan dari semua keburaman hidup gue.

Dan post ke 4 ini guw dedikasikan untuk pak Ustadz di Masjid deket kost gue.

Dan akhir kata......

"ISTIGFAR GUYSS,..ISTIGFAR...!!!"


-Anonim 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar