Sabtu, 24 September 2011

Laki-Laki Generasi Tua

Okeyy guys,..Malem ini malem minggu lagi.Iyaa,.Emang kenapa??Engga apa-apa,.!!Cuma mau mastiin kalian engga galau dari abis maghrib sampe subuh nanti.Dan kalo emang kalian masih jomblongeness kaya gue,.Gue saranin kalian mending tidur cepet-cepet dan ngedengerin lagu kebangsaan kita kemaren,.

 
Sambil minum racun kodok sebanyak yang kalian mampu.Lhaaa gue??Gue cuma bisa berdoa buat kalian semoga kalian bisa ganti lagu malem minggu depan,sambil jalan-jalan sama mmmmm,...Ada deh,.




Eniweyy,.Kayanya engga lucu juga kalo gue ngebahas kalian yang lagi menggalau sendirian di rumah sambil ngemil odol,.Gue prihatin guyss,.,(-walopun gue juga sama sebenernya..haha).Gue mutusin buat stay on the track,.nge-share tentang "laki-laki".Sebenernya gue bingung ini,.Kenapa ngambil tema tentang laki-laki??Secara gue cowok* kan,.(*masih dalam tahap metamorfosis menuju laki -laki).Kenapa engga ngambil tema "cewek"??Secara gue yakin ini author pada curhat semua nanti dan uung-ujungnya galau lagi.Atau engga ngambil tema "galau"??karena??Kalian tau lah,.setiap postingan pasti ada kata "galau" nya kan.(*Plaaaakkkkk,..cuma elu doang nom yang pake kata itu di setiap post..!!).Gue pun langsung galau beneran...

Dan gue mencoba mikir,.yaa walopun mikir- engga mikir juga kayanya hasilnya sama aja,.Tapi gue kekeuh kepengen mikir.Gue masih mikir,...Dan akhirnya,.Taaaaaarrrrrrrraaaaaaaa,...Babeh gue kembali muncul,.hahaha,.Tapi emang si guys,.Entah kenapa gue lagi kangen aja sama babeh gue,.Dan lihat lah,.ketika kita jauh sama mereka,kita baru  akan sadar,.betapa penting mereka bagi kita kan,.??Walaopun ketika ketemu cuma liat wajahnya doang,.itu udah cukup guys,.itu udah cukup buat hati kita tenang,.


back to the case ,..

Karena inget babeh gue tadi,.gue jadi inget dengan beberapa laki-laki hebat dari zaman baheula di kampung gue yang menurut gue kerrreeeen,Bukan,.Mereka bukan anak band,bukan anak Gaoooolll,atau 4L4Y,.Mereka hanyalah beberapa orang-orang lanjut usia yang mempunyai kemampuan hebat didikan alam,.Siapa mereke??Just check them out!!

  • 'ngkong Nabrih (nama sebenernya gue gak tau,tapi dari kecil gue udah manggil beliau kaya gini),.Jadi dia tuh Bapaknya dari bapaknya keponakan gue,.nah loh??Mertua kaka gue kalo lu gak ngerti,.'Kenapa gue pikir dia kerren,.Jadi gini,.Kalian pada tau dong kemaren pas kejadian Idul Fitri di undur,.Nahh,.waktu itu gue lagi diluar rumah,.ngedengerin para orang tua berbicara (babeh gue,.'ngkong nabrih dkk.)
''ngkong nabrih ngomogn di sela-sela kongkow-kongkow laki-laki 50's..


 "Harusnya besok udah lebaran inih noon,.lu liat dah noh bulan,(-pada saat itu gue gak liat bulan sedikit pun,.sumpah),emang belum gede,cuma baru anaknya doang,.kalo pemerentah nungguin sampe 2 derajat mah lama,.intinya mah awal bulan tuh kalo udah ada anak bulan baru,.lu liatin dah besok habis ied,.kalo bulan waktu abis maghrib udah tinggi,.itu mah udah bulan ketiga(-bulan ketiga artinya tanggal
3 dal perhitungan hijriah)"


"iya wa,...?"jawab gue masih agak bingung.

Dan besoknya lu tau apa guyss,.setelah idul fitri,.pas malemnya gue liat,.itu bulan beneran udah mulai tinggi,.Dan 'ngkong Nabrih bener,.Gue makin bingung.Dari mana beliau belajar Astronomi..??Dimana??Gue gak pernah tau dan engga pernah ngerti,.Tapi dari sini gue belajar,.melihat sesuatu yang sering di abaikan orang,.Mereka,.Para orang tua kita,.Orang-orang beberapa generasi di atas kita,.Mungkin tidak mengenal astronomi lewat buku,.Mungkin gak pernah kenal yang sama yang namanya kepler,Galileo,atau A-Khawarizmi sekalipun,.Tapi lebih dar itu mereka benar-benar mengenal alam.Alam lah yang mendidik mereka,.Karena mereka tidak mempelajari alam,tapi di ajari oleh alam.
  • Alm.Uwa Nesin (nah yang ini boleh gue bialng the man of lighters)
Sebenernya gue kurang kenal baik sama uwa yang satu ini,.berhubung rumah kita jauh,.jadi jarang ketemu dan jarang ngobrol juga.Jadi beliau adalah pengembala sapi guys,.lu tau kan??Gak tau??Kalo enggak tau mending gue saranin kalian mending sering-sering main ke kampung ketimbang seharian main ps.Dan yang membuat beliau special adalah,.Sama seperti nmanya guys,.Beliau pernah kesamber petir 3 kali!!Bayangin 3 kali??Cool kan??Gue sendiri pas ngeliat ketika dia kesamber petir yang ke 2,.badan nya geseng guyss,.item,bajunya ke bakar,.Tapi kerennya,.sebulan berselang,.Dia udah stay lagi ngembala sapinya di kali belakng kampung..

Entah gue yang ini engga pernah ngerti kenapa,.Kenapa beliau sangat di sukai oleh petir,.Itu masih menjadi misteri hingga beliau wafat karena tersambar petir yang ke 3.

  • Babeh gue,..!!(bukan gue pilih kasih,.tapi kacamata gue babeh gue itu keren)
Bukan,.di sini gue bukan mau nge bahas bagaimana babeh ngedidik gue,.mungkin lain waktu,.Tapi,.Ypu know guyss??Mungkin kalian ga ada yang tau kalo babeh gue kidal,.Iya kidal,.Tangan kirinya lebih aktif,..!!Dan yang bikin gue kaget,.Ternyata ini sudah di ramalkan oleh kakeknya kakek gue yang dulunya kidal juga.

Beliau said,.

"Nanti anak lu tuh bakalan ada yang kidal,sama kaya babeh,.biasanya jatuh pada anak laki-laki terakhir,.!!"

Dan anak laki-laki terakhir itulah babeh gue.Maksudnya bukan anak bungsu,tapi anak laki-laki terakhir dari satu klan,.wkwkwkwk,.rumit emang bahasa orang dulu..Dan itu pun jatuh pada gue anaknya,.Entah darimana beliau bisa tau,.Apakah zaman itu sudah ada pelajaran persilangan genetika,.sampe sejelas itu beliau bisa tau,.Gue bingung sampe sekarang!!

Dan Babeh gue pernah bilang,.entah dia masii inget atau engga,.waktu gue nanya tantang ke-kidal-annya,.

"kayanya engga bakalan ada yang kidal lu mah pada,.palingan nanti anak lu,." saat itu babeh nunjuk gue,karena gue anak laki-laki terakhir dari klan,..(hahaha,.asiiiik dah klan apaan ya gue)

Dan bener kan,.abang gue,dan gue engga ada yang kidal,.mungkin anak gue,..who knows??

Mungkin itu beberapa laki-laki kerren menurut gue,.bukan karena merka anak band,.cover boy atau palah,.Tapi karena ilmu,.iya ilmu yang mereka dapat dari alam,.


Sooooo,.Dari semua yang udah gue ceritain,.gue cuma mau bilang,.Lihatlah mereka,.Orang tua kita,.Generasi mereka,.Di zaman mereka mungkin belum ada sekolah yang layak,buku-buku ensiklopedia ata bahkan internet seperti zaman sekarang.Tapi apa yang mereka tahu sangat mencengangkan kan??Jadi mulai lah buat peduli sama alam seperti yang mereka lakukan,.padulilah pada alam karena dengan begitu alam akan mengajarkan kita lewat tanda-tanda yang mereka berikan..

"Jangan mempelajari alam ini jika kalian merusaknya,.rawatlah dia,.maka dia yang akan mengajarkanmu,..."

Anonim 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar